Universitas Trunojoyo Madura

Berkarir di bidang knowledge adalah tentang membantu perusahaan atau organisasi tertentu untuk berkembang menggunakan knowledge mereka. Membantu mereka menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan nya dengan lebih efektif dan efisien, tentunya dengan menggunakan data. Jangan biarkan hidup kuliahmu hanya menghadiri kelas kuliah, tutorial, mengerjakan tugas, dan belajar mati-matian untuk ujian. Quipper adalah perusahaan teknologi pendidikan yang memiliki misi untuk membawa pendidikan terbaik ke seluruh pelosok dunia dan berkomitmen untuk menjadi bagian ekosistem pendidikan di Indonesia.

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap perusahaan menginginkan karyawan dengan tingkat kemampuan onerous talent yang baik. Namun, perusahaan juga ingin karyawan-karyawannya mampu bekerja secara maksimal, baik secara private maupun tim. Oleh sebab itu, tak heran bila banyak perusahaan yang menggelar pelatihan khusus untuk mengasah soft abilities. Berbeda dari onerous ability, kemampuan ini lebih condong pada keterampilan sosial, kecerdasan sosial, dan komunikasi seseorang.

Manajemen kerja yang efektif dan perencanaan kerja yang sukses menuntut adanya kompetensi soft skills disamping kompetensi teknik atau hard expertise dalam semua bidang pekerjaan. Neff dan Citrin dalam bukunya “Lesson from The Top” mengemukakan bahwa yang mendukung kesuksesan dalam hidup ini bukan keterampilan teknis atau exhausting skillsmelainkan delicate expertise. Dengan demikian semakin menguatkan pentingnya soft skill bagi lulusan perguruan tinggi sebagai calon peminpin, tenaga kerja, maupun pengusaha. Soft ability harus dimiliki oleh setiap pekerja karena perusahaan membutuhkan individu-individu yang dapat mudah bergaul, memiliki komunikasi yang baik, dapat bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Mungkin tidak masalah saat seseorang melamar pekerjaan dengan kemampuan teknis yang belum mumpuni, hal itu dapat dipelajari dan dilatih untuk menjadi kompeten. Apabila terdapat kandidat atau pekerja yang memiliki hard skill yang baik namun sikapnya negatif, tentunya perusahaan tidak akan memilih individu tersebut.

Jadi, “apa saja delicate skills yang harus dipelajari dan dikembangkan demi meraih kesuksesan karier? Produktivitas membantu Anda untuk menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Pelajari gangguan yang dapat menghilangkan fokus dan temukan cara untuk mengatasinya.

Atau mungkin buat kamu yang masih kuliah, yang masih fokus pendidikan formal saja, pengalaman saya lebih baik mulai kembangkan sayap. Ada yang senang melakukan pekerjaan dan bisa sukses berkat kerja tim. Ada pula tipe seperti saya yang tidak nyaman dan merasa tidak kreatif setiap kali bekerja dengan tim. Berdasarkan observasi kecil-kecilan, orang yang memiliki kerja tim mayoritas disukai oleh orang yang bergolongan O. Membicarakan perbedaan antara keduanya, sebenarnya mudah diidentifikasi kok.

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis information dan informasi secara logis dan objektif serta sangat berharga bagi pengusaha karena akan menghemat waktu dan upaya dalam bisnis. Semua pengumpulan knowledge, pendapat, dan argumen harus berorientasi pada hasil dan sumber legitimate. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi secara secara rasional dari semua perspektif untuk mencapai solusi atau keputusan akurat. Seseorang harus memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan tim yang sama baiknya.

Menggunakan Soft Skill dalam bekerja

Bangun kemampuan delicate talent karyawan anda dengan aplikasi Codemi Learning. unsplash.comYang terpenting dan tidak boleh terlupakan adalah memiliki etika yang baik. Meskipun kamu memiliki delicate skill lain di atas rata-rata, namun jika tidak diimbangi dengan etika dan attitude yang baik maka kamu bisa mendapatkan masalah di dunia kerja. Contohnya saja, kamu bisa tidak disukai oleh rekan kerja atau atasan kamu. Jadi, mulai dari sekarang kamu juga wajib mengasah delicate ability yang satu ini dengan selalu menghargai orang lain dan berkelakuan baik. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir bila merasa belum memiliki dua keterampilan tersebut.