5 Hal Penting Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Ada dua cara untuk mempublikasikan podcast, yakni dengan bergabung di platform podcast atau membuat web site sendiri. Kalau memilih mengonlinekan web site, berarti Anda punya kebebasan lebih dalam mengelola brand dan pemasukan. Biasanya mereka akan bergabung di pemasaran afiliasi dan memproduksi konten bersponsor. Kalau podcast sudah punya pendengar yang banyak, Anda bisa mendaftar di jaringan iklan podcast, seperti Midroll.

Bagaimana tidak, seiring dengan berkembangnya waktu, maka teknologi akan semakin berkembang. Dan hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai inovasi untuk mengembangkan bisnis akan semakin besar. Ingat bahwa kebutuhan masyarakat atas internet, seperti mendapatkan informasi, bekerja, pendidikan, atau hiburan sangatlah besar. Teknologi Informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.

Membuat usaha daring

Usaha jasa ini bisa menjadi karier baru yang menjanjikan jika ditekuni, seperti yang dilakukan Rendy Mulyadi, mantan jurnalis tetap di Channel News Asia. Dia memutuskan untuk melepas pekerjaannya itu dan memilih menjadi penulis lepas. Jangan ragu untuk tawar-menawar harga ketika ada perusahaan yang memprospek. Semakin tinggi kualitas dan kuantitas tulisan yang diminta, tentu harga jasa makin mahal. Akibatnya, mereka membutuhkan konten yang berkualitas sehingga mampu melejitkan brandnya. “Saya dapat komisinya dari selisih harga jual dengan harga yang diberi oleh teman adik saya itu,” kata Prita.

Yang terakhir, pemilik bisnis bisa belajar banyak hal yang berkaitan dengan web marketing cukup dengan mempelajari kampanye internet advertising yang sukses. Manfaat signifikan untuk bisnis berskala kecil adalah investasi awal untuk memulai bisnis on-line umumnya lebih rendah dibanding harga untuk memulai bisnis yang sama menggunakan model tradisional. Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah diperoleh. Ini berarti ketika bisnis dilakukan online, terbentuk kapabilitas yang sama. Katakanlah Anda punya jam kerja di kantor antara 8-9 jam per hari. Nah, waktu yang Anda berikan untuk melakukan bisnis on-line ini cukup 3-4 jam sehari.

Semakin berkualitas konten yang Anda buat, maka semakin tinggi pula nilai jualnya. Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan riset terkait apa saja hal yang umumnya orang cari dalam bidang itu. Umumnya topik konsultasi biasanya lebih variasi dan tergantung dengan apa yang ditanyakan oleh pengunjung weblog atau web site. Bagi Anda yang suka dengan pekerjaan yang tidak terikat waktu, bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk Anda jalankan.